Dewasa ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dengan manusia. Kemajuan dan perkembangannya pun begitu pesat. Seiring dengan kemajuan teknologi, gadget menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada. Perkembangan teknologi memang memiliki dampak positif, tapi tak sedikit pula dampak negative yang ditimbulkannya.

“Menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh”. Kalimat tersebut seakan menjelaskan bahwa saat ini dengan teknologi dunia ada dalam genggaman. Kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di berbagai penjuru dunia yang pada akhirnya kita mengabaikan bahkan melupakan orang yang ada di samping kita.

Penggunaan gadget saat ini juga mengalami pergeseran arti. Banyak orang menggunakan gadget untuk menunjukkan kelas, jabatan, atau tahta mereka. Bukan menggunakan sesuai fungsinya tapi untuk menunjukkan siapa penggunanya.

Hal ini secara tak langsung mengingatkan kita dengan kisah menara Babel yaitu kota dengan menara yang sampai ke langit. Rencana pembangunan menara Babel bukanlah sesuatu yang salah tapi alasan dibalik pembangunan menara tersebut yang salah. Pembangunan menara tersebut dilakukan dengan tujuan agar mereka tidak terserak ke seluruh bumi, pembangunan tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan ke-aku-an mereka, untuk menunjukkan kemuliaan dan kehebatan mereka.

Mengingat hal tersebut, SD Bintang Laut mengadakan kegiatan Pastoral dalam rangka memperingati Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) pada tanggal 13 Oktober 2017 dengan tema “Kabar Gembira di Tengah Gaya Hidup Modern”. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa SD Bintang Laut, baik yang beragama Katolik maupun non Katolik.

Sebelum memulai kegiatan perlombaan, Ibu Rosalina selaku tim Pastoral SD Bintang Laut berpesan agar kita menyadari keberadaan kita sebagai mahluk sosial. Menyadari bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri, tetapi hidup berdampingan. Kita juga perlu menanamkan sikap menghormati dan menghargai sesama, tetap bergandengan tangan dalam keberagaman serta menjunjung tinggi persatuan.

#sdbintanglaut
#BKSN
#menghargaidanmenghormati
#mahluksosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *